Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid
Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Tujuan Pembelajaran
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
Pertanyaan Pemantik
- Bagaimana kerangka BAGJA dapat membantu perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?
- Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?
- Siapa saja yang perlu dilibatkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?
- Kerangka BAGJA dapat menuntun perencanaan program yang dibuat dengan menyediakan panduan yang dapat memastikan setiap langkah dalam perencanaan didasarkan pada refleksi, pengambilan pelajaran dari pengalaman sebelumnya, dan kolaborasi untuk merancang program.
Pertimbangan dalam Penyusunan Program
- Hal-hal yang perlu dipertimbangkan meliputi tujuan program, kebutuhan dan minat murid, sumber daya yang tersedia, relevansi program dengan kurikulum, keterlibatan komunitas sekolah, dan metode evaluasi keberhasilan program.
Pihak yang Terlibat dalam Perencanaan
- Pihak yang perlu dilibatkan adalah murid, guru, kepala sekolah, orang tua/wali murid, dan anggota komunitas sekolah lainnya. Tujuan pelibatan semua pihak yang disebutkan adalah untuk memastikan bahwa program yang direncanakan sesuai dengan kebutuhan dan harapan berbagai pemangku kepentingan.
Menggalang Dukungan dan Kolaborasi
- Dukungan dapat dibuat dengan membuka ruang dialog yang inklusif, transparan, dan menghargai setiap pendapat semua orang. Proses ini dapat difasilitasi melalui pertemuan rutin yang terjadwal, diskusi kelompok, dan forum komunikasi yang memungkinkan semua pihak terlibat aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan program, sehingga tercipta rasa memiliki dan komitmen bersama.
DASAR FILOSOFI KI HAJAR DEWANTARA
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan sebagai anggota manusia persatuan (rakyat).
Program/Kegiatan: Guru Murid Konten Kreator (GMKK)
Meskipun berfokus pada peningkatan keterampilan literasi, program ini berjalan di luar kurikulum utama dan bertujuan untuk melengkapi pembelajaran di kelas dengan kegiatan yang mendukung pengembangan keterampilan membaca situasi dan menedit video atau mengedit tulisan yang mengandung unsur edukasi.
Deskripsi Singkat
GMKK merupakan inisiatif yang ditujukan kepada guru dan murid untuk meningkatkan kemampuan literasi, terutama dalam membaca situasi yang perlu disebarluaskan dan mengedit.
Program ini bertujuan memperkaya literasi di sekolah dengan menghasilkan karya guru dan siswa
Karya-karya ini diharapkan tidak hanya menjadi bagian dari inventas sekolah yang di pasang di akun sekolah dan diharapkan dapat mengedukasi Masyarakat umum.
Gambaran Umum Kegiatan
- Kegiatan GMKK dilaksanakan setiap hari sesuai dengan topik yang akan diangkat oleh guru dan murid
- Pelaksanaan kegiatan didampingi wali kelas masing-masing atau tim publikasi.
- Kegiatan GMKK dapat diawali di pagi hari setelah tiba dilingkungan sekolah dan diakhiri setiap hari setelah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
- Proses editing dan unggah dilakukan di rumah dan menandai akun sekolah
Diagram Y
SUARA : Murid diberi kesempatan untuk menyuarakan ide dan tema yang mereka minati untuk ditulis di setiap postingan mereka.
PILIHAN: Murid memiliki kebebasan dalam memilih bentuk topik/tema dan cara penyampaian pesan dalam karya mereka.
KEPEMILIKAN: Murid merasa memiliki program ini melalui keterlibatan aktif dalam setiap tahap, termasuk penulisan, editing, dan penerbitan.
Poin / Komponen Profil Pelajar Pancasila
Program GMKK bertujuan untuk mengembangkan profil Pelajar Pancasila dalam dimensi mandiri, kreatif, dan bernalar kritis.
Program ini bertujuan untuk melatih murid agar mampu mengelola proses belajar dan berkarya secara mandiri. Hal ini tampak saat murid memilih dan menulis atau mengedit karya mereka sendiri, serta bertanggung jawab atas hasil akhirnya.
Program ini bertujuan untuk mendorong murid dalam menciptakan karya yang orisinal dan unik. Murid menunjukkan kreativitas mereka saat mengembangkan ide- ide baru dalam pembuatan tulisan (artikel) dan video.
Program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan murid dalam menganalisis dan mengevaluasi karya IT. Ini terlihat saat murid membaca, serta menyusun ide-ide mereka secara logis dalam artikel dan video.
Karakteristik Lingkungan Pendukung Tumbuhnya Kepemimpinan Murid yang Akan Dikembangkan
- Lingkungan yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya.
- Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri.
- Lingkungan yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan.
Prakarsa Perubahan
Mewujudkan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan membuat video dan menulis di akun media sosial.
Perumusan Strategi Pelaksanaan Program
Perumusan strategi menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif (IA) melalui BAGJA.
B – Buat Pertanyaan Utama
Tahapan: B – Buat Pertanyaan Utama (Define)
Pertanyaan
- Apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan literasi sekolah, khususnya dalam hal penggunaan media sosial dan menulis sebuah karya atau pendapat?
- Mengapa kita perlu mewujudkan program GMKK?
Tindakan yang Diperlukan untuk Mendapatkan Jawaban :
Berdialog dengan kepala sekolah, rekan guru, komite, orang tua dan murid serta berkolaborasi dengan pihak percetakan/publisher.
Rencana untuk Melibatkan Suara/Pilihan/Kepemilikan : Melibatkan murid dalam merancang kegiatan membaca sesuatu yang sedang trend dan menulis, serta dalam menetapkan tujuan pribadi.
Aset/Kekuatan/Sumberdaya yang Dapat Diberdayakan pada Tahap Ini : Pengalaman guru dalam menggunakan media sosial, minat murid, buku perpustakaan, dan dukungan komunitas sekolah.
Waktu yang Diperlukan : 1 minggu untuk perencanaan awal.
Penanggung Jawab
- Calon Guru Penggerak
- Tim Publikasi Sekolah
- Wali Kelas.
A – Ambil Pelajaran (Discover)
Tahapan : A-mbil pelajaran (Discover)
Pertanyaan
- Adakah guru yang berpengalaman pernah membuat sebuah video dan artikel yang sudah di pasang di akun media sosial mereka?
- Konten seperti apa yang diminati murid?
Tindakan yang Diperlukan untuk Mendapatkan Jawaban
- Mencari informasi terkait guru yang sudah pernah membuat buku karya.
- Menggali informasi terkait buku bacaan yang paling diminati peserta didik.
Rencana untuk Melibatkan Suara/Pilihan/Kepemilikan
- Meminta umpan balik dari guru tentang pengalaman mereka sebelumnya dalam program literasi.
- Mengajak peserta didik untuk memilih buku bacaan yang mereka sukai, serta meminta masukan tentang jenis karya yang ingin mereka buat.
Aset/Kekuatan/Sumberdaya yang Dapat Diberdayakan pada Tahap Ini
- Masukan dari murid dan guru
- Pengalaman guru dalam membuat konten dan artikel
- Minat murid
Waktu yang Diperlukan : 1 minggu untuk evaluasi dan pengumpulan data.
Penanggung Jawab :
– Calon Guru Penggerak
– Tim Publikasi Sekolah
– Wali Kelas.
G – Gali Mimpi
Tahapan : G-ali mimpi (Dream)
Pertanyaan :
- Apa saja dampak positif dari program GMKK ini?
- Bagaimana perasaan civitas sekolah setelah berhasil menciptakan konten dan artikel?
Tindakan yang Diperlukan untuk Mendapatkan Jawaban
- Menggerakan murid untuk menghasilkan suatu karya
- Menggali informasi terkait respon dan perasaan subjek dalam program GMKK.
Rencana untuk Melibatkan Suara/Pilihan/Kepemilikan :
- Memberi kebebasan kepada guru dan murid untuk memilih topik, genre, dan bentuk karya yang ingin mereka buat.
- Melibatkan guru dan murid dalam proses refleksi, di mana mereka bisa berbagi pengalaman, tantangan, dan perasaan mereka terkait program GMKK.
Aset/Kekuatan/Sumberdaya yang Dapat Diberdayakan pada Tahap Ini
- Bakat dan Minat
Dukungan dan bimbingan dari wali kelas dan Tim Publikasi Sekolah
- Perangkat digital (seperti laptop, gawai, atau aplikasi penulisan) untuk memudahkan proses pembuatan dan publikasi karya.
Waktu yang Diperlukan : 1 minggu untuk menyelesaikan tahap ini, dengan memastikan ada waktu yang cukup untuk bimbingan dan refleksi.
Penanggung Jawab
– Calon Guru Penggerak
– Tim Publikasih Sekolah
– Wali Kelas.
J – Jabarkan Rencana
Tahapan
J-abarkan Rencana (Design)
Pertanyaan
- Apa saja langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk mewujudkan program Guru Murid Konten Kreator (GMKK)?
- Berapa lama proses untuk menyiapkan program Guru Murid Konten Kreator (GMKK)?
Tindakan yang Diperlukan untuk Mendapatkan Jawaban
- Melakukan koordinasi dengan tim publikasi sekolah
- Membuat draft capaian proses video dan tulisan setiap minggu
- Rencana untuk Melibatkan Suara/Pilihan/Kepemilikan
- Melibatkan seluruh anggota tim dalam menyusun rencana mingguan dan penentuan capaian
- Melibatkan murid untuk turut serta memberikan masukan terkait proses editing dan pencapaian target.
Aset/Kekuatan/Sumberdaya yang Dapat Diberdayakan pada Tahap Ini
- Keahlian anggota tim dalam bidang literasi
- Video dan artikel sebagai alat utama untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan murid
- Perangkat digital dan platform online untuk memudahkan koordinasi tim, pembuatan draft capaian, serta penyebaran informasi.
Waktu yang Diperlukan : 1 minggu
Penanggung Jawab
– Calon Guru Penggerak
– Tim publikasi sekolah
– Wali Kelas.
A – Atur Eksekusi
Tahapan : A-tur eksekusi (Deliver)
Pertanyaan
- Siapa saja yang terlibat dalam program Guru Murid Konten Kreator (GMKK)?
- Apa saja peran yang dibutuhkan dan siapa yang akan mengisi peran tersebut?
Tindakan yang Diperlukan untuk Mendapatkan Jawaban
- Berkoordinasi dengan kepala sekolah untuk membentuk tim Publikasi Sekolah.
- Menyusun deskripsi program, pelaksana program, dan deskripsi tugas dalam peran.
- Rencana untuk Melibatkan Suara/Pilihan/Kepemilikan
- Melibatkan kepala sekolah berperan aktif dalam pembentukan tim GMKK
- Melibatkan beberapa perwakilan murid untuk ikut serta dalam diskusi awal tentang pembentukan program.
Aset/Kekuatan/Sumberdaya yang Dapat Diberdayakan pada Tahap Ini
keahlian dan pengalaman guru dalam bidang editing
- ruang rapat dan teknologi komunikasi sekolah untuk mengadakan pertemuan
Waktu yang Diperlukan : 2-3 hari
Penanggung Jawab
Calon Guru Penggerak
– Tim Publikasi Sekolah
– Wali Kelas.
Baca Juga :