Mengenal Bahasa Inggris Vokasi

Sumber Gambar : pixabay.com

Vokasi dari kata Vocational yang berarti kejuruan. Kata ini lebih akrab pada vocational high school atau sekolah menegah kejuruan (SMK).

SMK sama halnya dengan sekolah menengah atas  (SMA), namun tentunya memiliki sedikit perbedaan yang mencolok, yaitu SMK lebih banyak praktik lapangan sedangkan SMA lebih cendrung teori.

Mengapa demikian?, karena lulusan SMK disiapkan untuk bisa bekerja di lapangan. Kebanyakan diantara lulusan ini memilih untuk berwirausaha atau bekerja di industri-industri.

Itulah sebabnya, siswa (i) SMK diharapkan untuk bisa bersaing di dunia kerja setelah lulus dengan menggunakan bekal ilmu yang telah didapatkan di sekolah.

Untuk memberikan bekal ilmu kepada siswa (i) SMK, para tenaga pengajar dalam hal ini Bahasa Inggris selalu berupaya membekali ilmu kepada  mereka dengan mengingikuti kurikulum, dimana pembelajaran berpusat pada siswa.

Namun tentunya materi yang diberikan sama dengan pelajaran jurusan atau Bahasa Inggris (Adaptif) diharapkan bersinergi dengan pelajaran jurusan.

Selama ini, pelajaran jurusan membahas tentang contoh: cara menggunakan theodolit, cara memasang batu bata, cara memperbaiki radio.

Guru bahasa inggris mengajarkan tentang teks politik, bencana alam yang dimana teks tersebut tidak sinkron dengan pelajaran jurusan.

Seperti Apa Bahasa Inggris Vokasi?

Bahasa Inggris vokasi adalah bahasa Inggris terapan yang menggunakan alat, bahan jurusan serta cara kerja akan suatu alat jurusan menggunakan Bahasa Inggris.

Tujuan penggunaan bahasa Inggris vokasi agar siswa (i) mampu mengkomunikasikan alat dan pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan dalam Bahasa Inggris. Dengan  demikian, lulusan SMK mampu bersaing secara nasional dan internasional.

Maksudnya adalah, tidak sedikit alat dan pekerjaan jurusan menggunakan Bahasa Inggris, baik secara tertulis maupun secara lisan.

Dengan adanya Bahasa Inggris Vokasi, siswa menjadi lebih mudah mengenal dan menggunakan Bahasa Inggris pada saat bekerja nanti.

Apakah Bahasa Inggris Vokasi Perlu Diperdalam?

Jika ada julukan 1000%  yah, maka itu jawabannya.

Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini pelajaran Bahasa Inggris di SMK hampir sama dengan pelajaran Bahsa Inggris SMA atau dengan kata lain, Guru mengajarkan pelajaran umum, bukan hal yang berhubungan dengan kejuruan.

Jika dihitung selama ini Guru Bahasa Inggris hanya mengajarkan 20% saja pelajaran Bahasa Inggris kejuruan dan 80% pelajaran Bahasa Inggris umum.

Dengan melihat visi misi SMK, maka perhitungan tadi dibalik menjadi pelajaran Bahasa Inggris SMK menjadi 80% atau 85%, dengan harapan, lulusan SMK memang benar-benar siap bekerja dilapangan berbekal ilmu jurusan dan Bahasa Inggris kejuruan.

Bagaimana Cara Menerapkan Bahasa Inggris Vokasi?

Pertanyaan ini tentu dikembalikan kepada Guru Bahasa Inggris SMK.

Jika selama ini mengajarkan tentang teks pemandangan (Describtive Text), teks legenda (Narrative Text), teks liburan (Recount Text) dan lain-lain, sekarang saatnya menganti teks tersebut menggunakan alat jurusan.

Misalnya  menjelaskan Cetok (Trower) (Description Text), Asal-muasal mesin pemotong yang dirubah kedalam teks naratif dan menambahkan nama jurusan dan program studi siswa pada saat perkenalan (self introduction), dan  lain-lain.

Jika berfikir tentang penggunaan tata bahasa (Grammar) tentu sama saja dengan yang ada di Silabus, hanya bagaimana cara mencari dan memilih  teks jurusan yang perlu diperdalam.

Apakah Bahasa Inggris Vokasi Hanya Untuk Siswa SMK Saja?

Wow, tentu tidak. 

Universitas Gadjah Mada (UGM) memiliki program studi terapan, Universitas Airlangga memiliki fakultas vokasi dan universitas lainnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa program studi apapun bisa menggunakan bahasa Inggris vokasi, jika dikaji maka hasilnya akan jauh lebih baik. Alasanya karena siswa/mahasiswa mampu menguasai bidangnya dalam Bahasa Inggris.

Mengapa Selama Ini Bahasa Inggris Vokasi Tidak Terdengar?

Well, mungkin kurang gaul atau tidak update hehehe

Sebenarnya penggunaanya untuk materi pelajaran Bahasa Inggris sudah menggunakan alat dan bahan jurusan, namun hanya fokus pada satu topik saja, yaitu Procedure Text. 

Teks ini menjelaskan tentang proses atau langkah-langkah membuat sesuatu. Seperti bagaimana cara menginstal listrik di rumah sederhana, bagaimana cara memperbaiki rem motor, bagaimana cara menginstai auto cad dan lain-lain.

Apakah Bahasa Inggris Vokasi Mempengaruhi Kurikulum?

Tentu tidak, ini hanya mengubah materi ajar saja, dan menambahkan metode ajar yang bisa digunakan dalam mengajar Bahasa Inggris Vokasi agar lebih menarik. Istilahnya lebih condong ke kejuruan.

Apa Metodenya?

Tetap kunjungi blog ini (Delyana Blog) karena saya akan menjelaskannya, tapi selang seling dengan topik atau kategori lain  yah.

Tetap Semangat!