Siswa Kreatif

Menjadi seorang siswa merupakan suatu kebanggan tersendiri khusunya pada saat beranjak umur 14 tahun keatas.

Di masa ini, siswa banyak membuat banyak cerita untuk dikenang bersama teman sekolah yang kadang membuat bahagia, sedih, malu bahkan bangga.

Menjadi siswa yang pintar di kelas saja tidaklah cukup, yang paling berkesan adalah hasil kegiatan atau karya, sesuatu yang pernah dilakukan secara personal atau dengan kelompok.

Sesuatu yang muncul karena memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tanggung jawab dan permasalahan, sesuatu yang tidak bisa diukur secara akademik, tetapi dapat dilihat dari keterampilan dan kemampuan dalam berbagai hal.

Yap, Kreatif. Dilansir dari Maxmanroe.com, kreatif adalah suatu kemampuan yang ada pada individu atau kelompok yang memungkinkan mereka untuk melakukan terobosan atau pendekatan-pendekatan tertentu dalam memecahkan masalah dengan cara yang berbeda, hal serupa juga disampaikan oleh Conny R. Semiawan bahwa kreatif adalah kemampuan dalam membuat suatu gagasan baru dalam upaya memecahkan masalah.

Untuk mengetahui bagaimana ciri siswa (i) yang kreatif, berikut ciri-ciri uraiannya  yang perlu diketahui:

  1. Memiliki Keinginan Yang Besar. Impikanlah hal-hal yang besar. Beberapa motivator sering mengucapkan kalimat inspirasi seperti ini dengan dalil orang-orang  yang sukses pada awalnya memiliki keinginan yang besar yang disertai dengan usaha dan pengorbanan.
  2. Suka Berkreasi. Siswa yang kreatif sering menciptakan sesuatu, memperbaharui sesuatu, memodifikasi sesuatu, yang dibawah sejak lahir, atau terbentuk dari lingkungan dimana dia tumbuh. Jadi sejatinya berteman atau berada dilingkungan orang kreatif kemungkinan besar akan mempengaruhi diri.

  3. Tidak Bisa Diam di Tempat. Siswa yang kreatif akan terlihat selalu aktif dan tidak bisa diam ditempat dalam waktu yang lama, malahan siswa seperti ini akan merasa sakit badan jika tidak melakukan apapun dalam sehari.

  4. Memiliki Rasa Ingin Tau. Kepo adalah salah satu sifat siswa yang kreatif. siswa kreatif akan selalu ingin tau mengapa sesuatu terjadi. Contoh : pada alat elektronik baru, anak  kreatif akan berusaha membongkar untuk mengetahui bagaimana alat tersebut dipasang atau bahkan ingin tau bagaimana alat itu dibuat.

  5. Tak Pernah Kehabisan Ide.Tak akan habis akal adalah salah satu contoh siswa kreatif. Akan ada saja hal yang bisa dilakukan sehingga tidak hanya berhenti pada satu titikl saja. Siswa kreatif susah untuk dikalahkan secara mental, karena mereka memiliki banyak nyawa untuk bangkit dari keterpurukan.

  6. Agak Ilusif. Pemikiran Siswa kreatif agak sukar dipahami karena mereka selalu berupaya memikirkan sesuatu yang selangkah dari orang biasa, bahkan cara menerapkan idenya pun agak sulit dimengerti walau kenyataannya ide siswa kreatif memang benar-benar berhasil.

Beberapa kesempatan juga, saya mengamati bahwa siswa (i) kreatif cenderung menciptakan sesuatu. contoh: setelah penjelasan, Guru memberikan tugas baik secara perorangan maupun dalam bentuk kelompok. Akan ada saja siswa yang berimprovisasi dengan tugas yang diberikan, begitu juga dalam memberikan pertanyaan.

Siswa kreatif sering berimaginasi tentang hal-hal yang kemungkinan teman sebayanya belum bisa melakukan atau membuatnya.

Siswa yang kreatif mampu melakukan hal baru, yang terkadang membuat guru kesal atau bahkan takjub. Namun apakah kreatif itu berasal dari turunan dalam keluarga? tentu tidak juga, selain dari faktor turunan, juga dari faktor pembiasaan diri.

Nah, Setelah membaca ciri-ciri siswa kreatif di atas, coba fikirkan, apakah kalian termasuk kreatif? Jika tidak, apa yang hendak kalian lakukan? Tetaplah giat belajar.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *