6 Hal Tentang Guru SMK Teknik Yang Orang tidak Ketahui

Banyak orang berpendapat bahwa salah satu profesi yang mulia adalah menjadi tenaga pendidik, namun karena situasi sekarang ini, pemahaman ini sedikit digeser oleh profesi sebagai tenaga medis. Apapun itu menjadi seorang pendidik tidaklah mudah, karena dalam situasi apapun, tenaga pendidik akan selalu menjadi pengajar sepanjang masa.

Mengajar di sekolah menengah kejuruan adalah sebuah tantangan namun cukup menyenagkan, bagaimana tidak, para Guru akan dihadapkan dengan berbagai jurusan yang masing-masing memiliki keahlian berbeda.

Sekolah menengah kejuruan teknik lebih dominan diminati siswa (laki-laki) alasannya adalah jurusan ini memiliki prospek kerja yang paling cerah. Beberapa jurusan sekolah kejuruan teknik adalah Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Bangunan, Teknik Otomotif, Teknik Geologi, Teknik Listrik dan sebagainya.

Dengan melihat SMK Teknik lebih diminati oleh anak laki-laki dengan jurusan-jurusan yang menarik, cukup membuat orang-orang bertanya, bagaimana dengan guru-gurunya di sekolah?

Nah, Berikut 6 hal yang orang tidak tau tentang guru SMK Teknik:

  1. Mengetahui Minimal 15% Pelajaran Jurusan. Kontekstual, inilah yang menggambarkan guru yang mengajar di sekolah kejuruan. Sebenarnya pembelajaran kontekstual harus dikuasai oleh semua Guru, tetapi bagi Guru SMK, menghubungkan pelajaran adaptif dan normatif berdasarkan topik yang sesuai dengan pelajaran jurusan sangatlah penting, oleh karena itu tidak sedikit Guru-guru sering berkoordinasi dengan guru jurusan untuk menghubungkan materi mereka dengan pelajaran jurusan agar lebih menarik bagi mereka. Bukan rahasia umum lagi jika siswa SMK cenderung lebih tertarik dengan pelajaran jurusan dari pada pelajaran lain.
  2. Memiliki Mental Keras Namun Penuh Kasih. Didominasi siswa (laki-laki) memang sedikit berbeda dari pada siswi, Sudarisman Ahmad,(08-12-2017) memberikan perbedaan antara pria dan wanita, satu diantaranya adalah tentang menggunakan perasaan dan logika. Laki-laki lebih dominan menggunakan logikanya dari pada perasaannya. Inilah mengapa siswa SMK mudah sulut emosi dan sering berkelahi, dan menghadapi siswa yang demikian tidaklah benar jika Guru menanganinya dengan amarah, akan tetapi dengan cinta kasih agar siswa tidak mengulanginya lagi.
  3. Memiliki Sedikit Ilmu Bela Diri. Jika sering diamati, Guru-guru SMK Teknik cendrung memilih menggenakan baju seragam yang bawahaannya celana kain panjang, hanya beberapa saja yang mengenakan rok, hal ini bukan karena menandakan guru tersebut tomboy untuk Guru wanita atau supaya bebas bergerak agar terlihat supel, akan tetapi untuk mempersiapkan diri jika siswa membuat gerakan tambahan yang memaksa guru harus pasang badan di tengah-tengah para siswa.
  4. Memiliki Keterampilam Berargument yang Kuat. Siswa adalah siswa, jika tidak nakal berarti bukan siswa, tetapi anak SMK Teknik adalah anak yang tidak hanya memiliki keunikan, tetapi juga memiliki banyak akal untuk menutupi kesalahannya yang terkadang membuat Guru memukul jidat sendiri. Disini Guru SMK mampu mengatasinya agar tidak terlihat bodoh dimata mereka.
  5. Kreatif. Kreatif tidak hanya dalam menciptakan bahan ajar, tetapi mampu memboosting mood siswa yang terkadang berubah-ubah atau dengan kata lain pintar-pintar mengambil hati siswa yang memiliki sifat temperamen, introvert dan lain-lain.
  6. Berpenampilan Sangat Sederhana. Berpenampilan tanpa asesoris mungkin ini lebih tepatnya dialamtkan kepada Guru Jurusan, alasannya adalah setiap pagi hingga sore hari, mereka akan mengajar, mempraktekkan alat jurusan atau membuat/memperbaiki sesuatu di jurusan, dimana mereka akan berada dibawah kolong mobil, menyentuh minyak, kayu, listrik, mesin sehingga membuat pakaian mereka terlihat sedikit kotor.

Bedasarkan penjelasan diatas, jelas bahwa Guru SMK Teknik memang berbeda dengan Guru lain, walaupun demikian Guru SMK tetap berusaha profesional dalam bekerja sehingga mampu menciptakan lulusan yang kreatif dan inovative. Tidak sedikit lulusan SMK Teknik menjadi pengusaha di Indonesia bahkan di dunia. Lulusan SMK sangat berkarakter sehingga tidak sedikit perusahan besar menawarkan lapangan pekerjaan bagi siswa yang baru lulus sekolah. SMK TETAP JAYA.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *