Jauhi 3 Hal Ini Agar Hidup Tetap Terasa Damai Sejahtera

Sumber Gambar: Dreamstime.com

Hidup aman, nyaman dan tentram adalah pilihan dan impian semua orang, tetapi seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada seorangpun yang bisa hidup tentram selamanya di dunia ini, akan selalu ada masalah yang membuat hidup seseorang mendapatkan masalah, baik disengaja maupun tidak disengaja bahkan ada pula masalah yang berasal dari orang lain.

Perspektif  tentang hidup tentram itu berbeda, hal ini multlak karena setiap orang,  beda cara pandang, dan beda cara mengimplementasikannya. 

Perbedaan ini tentu tidak bisa dijadikan sebagai  bahan perdebatan, kerena pada intinya manusia memiliki porsi yang berbeda.

Hal yang menjadi permasalahan adalah cara menjalani hidup.Tidak sedikit orang memilih cara yang salah untuk melalui hari-harinya, ada yang fokus akan pekerjaan dan tanggung jawab, ada pula yang memilih untuk mengisi harinya dengan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Ada beberapa hal yang perlu dijauhi agar hidup tetap merasa damai sejahtera :

  1. Nyinyirin Orang. Kebiasaan ini adalah sifat dimana orang selalu berkomentar negatif tentang orang lain atau dengan kata lain orang yang suka nyinyir adalah orang yang memiliki insting primitif . Yap….tidak perlu ditanya lagi, pelakunya didominasi oleh para wanita. Studi gabungan dari University of Ottawa dan McMaster University di Kanada dalam Hellosehat.com, 06 September 2017 menyatakan bahwa hampir semua perempuan merasa terancam oleh perempuan lain yang lebih unggul (entah dalam segi fisik, material, atau pun kesuksesan). Sebagai hasilnya, reaksi yang mereka tampilkan sebagai pertahanan diri bisa bervariasi, dari memasang muka asam hingga konfrontasi verbal, bahkan fisik. Nyiyir adalah salah satu sifat kompetitif yang sebenarnya tidak perlu dilakukan. Hal ini hanya meracuni fikiran dan hati sehingga sulit merasakan  hal yang menyenagkan. Jika kita amati, orang yang suka nyiyir memiliki wajah yang cenderung cemberut dan kusam.  Jangan biarkan ini terus terjadi, karena bisa mengakibatkan ganguan kejiwaan atau dengan kata lain gangguan kepribadian (personality disorder) atau bipolar.
  2. Memikirkan Hal yang Tidak Penting. Overthingking adalah  kegiatan dimana seseorang kerap memikirkan sesuatu yang belum tentu bermanfaat.  Ciri-ciri orang yang overthinker adalah orang yang kerap  membicarakan suatu topik secara berulang-ulang. Jika hal ini terus dilakukan maka akan berakibat fatal seperti stress dan menghilangkan mood dalam berfikir hal yang baik. Sebaiknya fikirkanlah hal yang ada didepan mata, hindari melamun terlalu tinggi, kuasai fikiran dan lakukan hal yang menyenagkan.
  3. Bekerja Hingga Kelelahan. Bekerja adalah suatu keharusan, dimana bekerja adalah kegiatan untuk mendapatkan upah atau untuk memenuhi rasa kepuasan pada diri sendiri. Yang menjadi masalah adalah bekerja hingga lupa waktu makan dan waktu istrahat. Semua orang tau bahwa tujuan bekerja adalah untuk mencari makan agar tetap hidup, jadi hendaknya pada saat  bekerja  ingatlah waktu istrahat agar supaya ada keseimbangan hidup.

Dari penjelasan diatas dapat dipahami bahwa agar hidup tetap merasa damai sejahtera  perlu menjauhi hal-hal yang dapat meracuni tubuh, hati dan fikiran karena hal demikian juga dapat menurunkan imun  tubuh.

Lakukanlah hal yang dapat mendorong kekebalan tubuh (Boost Immune System) dengan selalu memiliki hati damai sejahtera . Tetaplah berkarya, nikmati hidup dan tetap bersyukur, minimal bersyukur karena masih bisa bernafas, masih bisa makan walau mungkin hanya dengan lauk seadanya.

Jika sedang dalam masalah, mengapa tidak  dihadapi saja, toh semua orang akan selalu dihadapkan dengan  masalah.