Metode Bilingual Pada Pengajaran Bahasa Inggris Vokasi

Sumber Gambar : pixabay.com

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan bahasa, sehingga tidak sedikit orang Indonesia menguasai lebih dari dua bahasa (Mulitilingual / Plurilingual) yang terdiri dari Bahasa Daerah, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai bahasa tambahan.

Hadirnya era globalisasi dan mobilisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan informasi, membuat anak Milenial mampu belajar bahasa baru dari Smartphone, sehingga penggunaan bahasa lebih dari tiga bahasa.

Namun tentu tidak maksimal karena tidak ada bimbingan yang signifikan.

Para tenaga pendidik selalu berupaya meningkatkan kwalitas dengan mengikuti perkembangan dan menggunakan berbagai macam metode yang sesuai dengan topik pelajaran dan situasi kondisi sekolah dan kondisi siswa.

Salah satu metode yang hampir terlupakan yaitu metode bilingual,  yaitu penggunaan dua bahasa (bahasa Ibu dalam hal ini Bahasa Indonesia dan second language bahasa kedua yaitu Bahasa Inggris).

Tujuan penggunaan metode billingual adalah untuk menguatkan kemampuan siswa dalam belajar, sehingga mereka memiliki kemampuan ganda, selain pelajaran yang mereka terima, juga kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Tak bisa dibaikan bahwa Bahasa Inggris adalah Bahasa pemersatu bangsa, walau ada beberapa negara lain tidak menggunakannya, namun mayoritas negara-negara sudah menyetujui bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Itulah sebabnya, Bahasa Inggris terus dikembangkan melaui penggunaanya dalam pengajaran, terutama pada penggunaan Bahasa Inggris Vokasi.

Penggunaan metode bilingual, dalam hal ini untuk pelajaran bahasa Inggris tentu sangat dibutuhkan. mengapa?

  1. SMK Hanya Option Kedua Siswa Jika Tidak Lulus di SMA. Peryataan ini bukan isapan jempol belaka. Tidak hanya siswa, orangtua siswa, namun tidak sedikit para tenaga pendidik juga pernah berkata dan berfikir tentang ini. Tak bisa menyalahkan, karena siswalah  yang ingin mencari ilmu di luar dari cita-cita awal mereka. Namun garis merahnya disini adalah Guru sudah mengetahui akan kemampuan siswa (i) tidak mungkin membubuhi mereka dengan Bahasa Inggris saja, namun tentu sebaiknya disertai dengan bahasa Indonesia. Caranya bagaimana? Jika beberapa kali sudah mengatakan atau sudah menuliskan kata yang sama, sebaiknya tidak perlu diulang lagi atau diterjemahkan lagi. Cukup siswanya yang mencari tau atau mengingatnya kembali. Jika hal ini dibiasakan maka secara tidak langsung akan membuat mereka menjadi cepat mencari kata/arti dan cepat berfikir.
  2. Bahasa Inggris Vokasi Sebaiknya Memiliki Prioritas Lebih Tentang kejuruan. Untuk mengetahuinya tingkat penguasaan bahasa Inggris vokasi, cobalah check, ada berapakah alat jurusan yang mereka ketahui dalam Bahasa Inggris?, atau untuk pelajaran adaptif dan normatif, ada berapakah kata yang sesuai materi yang mereka bisa sebutkan dalam Bahasa Inggris?. Jika ditemukan sedikit, maka mulailah dengan penggunaan metode billingual.
Kelebihan Dan Kekurangan Metode Bilingual.

Segala sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tentunya kekurangan memiliki solusi untuk bisa dikembangkan menjadi sebuah keuntungan.

  1. Metode bilingual akan membuat siswa mudah mengerti/melafalkan akan sebuah materi, alasannya karena tidak semua siswa (i) memiliki tingkat kemampuan yang sama. Kekurangannya yaitu siswa yang sudah mampu akan merasa jenuh dengan metode ini karena terasa membosankan dan menghabiskan waktu. Solusinya adalah, memberikan tugas lain atau tugas yang agak menantang bagi siswa tersebut agar tidak terfokus dengan teman-temannya yang kemampuannya dibawah dari siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata.
  2. Siswa bisa lebih kreatif, otak siswa bisa berfungsi dengan baik, dan siswa bisa lebih fokus. Siswa menjadi multitasting karena dalam waktu bersaamaan mereka bisa belajar dua bahasa. mereka tidak akan terlalu memiliki banyak waktu untuk bercanda karena fokus akan penjelasan. jika hal ini terus menerus dilakukan, maka siswa akan menjadi lebih kreatif dan aktif dalam belajar, karena mereka sudah memahami materi yang diajarkan dalam dua bahasa.

Baca Juga : Mengenal Bahasa Inggris Vokasi