Rahasia Guru Yang Perlu Diketahui

Simber Gambar : pixabay.com

Guru adalah pengajar sejati yang selalu berupaya mengupdate ilmunya untuk mendidik anak bangsa.

Undang-Undang No.14 Tahun 2005 Tentang Guru mendefinisikan bahwa  guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, terkadang Guru harus berhadapan dengan hal-hal yang tidak terduga seperti masalah administrasi Guru, masalah yang berasal dari siswa (i) dan sebagainya.

Guru adalah guru yang tidak pernah berhenti belajar, belajar bukan tentang bahan ajar saja, tetapi belajar agar menjadi pribadi yang selalu dirindukan oleh siswa (i) karena Guru adalah tenaga pendidik yang selalu berupaya meningkatkan profesionalisme agar selalu menjadi Guru, sahabat, orangtua bagi anak didiknya.

Pada dasarnya, Guru sama dengan pekerja lainnya yang memiliki kiat-kiat agar tetap eksis dalam bekerja dan berikut rahasia guru yang perlu diketahui:

  1. Memiliki 1000 akal. Di sekolah, Guru dihadapkan dengan berbagai karakter siswa yang unik-unik. Hal ini terkadang menimbulkan pergesekan yang sebenarnya adalah bumbu-bumbu dalam mengajar, dimana terkadang Guru harus mengambil tindakan tegas kepada siswa (i) yang menyakiti temannya, tidak disiplin, tidak menghargai Guru dan sebagainya. Guru selalu memiliki taktik untuk menangani siswa (i) yang bermasalah, dimana cara yang digunakan adalah cara dimana Guru harus memutar otak agar tidakan tegas Guru tidak membuat luka dihati mereka,  sehingga proses belajar mengajar tetap berjalan baik. Pada saat bertemu siswa yang dihukum, siswa tetap merasa damai tanpa mengingat tindakan Guru yang telah menghukumnya. Juga Guru harus berupaya memiliki banyak cara atau metode dalam mengajar agar siswa tetap antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Setiap siswa memiliki tingkat kemampuan yang berbeda, sehingga Guru mampu mengenal cara belajar siswa.
  2. Memiliki Perangkat Mengajar Yang Terdiri Dari 4  Buku. Menjadi seorang Guru bukanlah perkara yang mudah, selain harus memiliki sertifikat Pendidik juga harus memiliki Perangkat Mengajar yang terdiri dari 4 buku dan satu diantaranya adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Setiap awal semester, Guru disibukkan oleh pembuatan perangkat mengajar yang selalu berubah-ubah, sehingga sulit bagi Guru untuk menggunakan Perangkat Mengajar yang sama  berulang-ulang. Selain buku ajar, Perangkat Mengajar juga sering mengalami revisi yang tentunya sangat membutuhkan waktu, tenaga dan fikiran. Beruntunglah bahwa Mentri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A telah merubah salah satu perangkat mengajar yaitu RPP menjadi satu lembar saja yang sebenarnya juga tidak hanya selembar, bisa lebih dari itu, akan tetapi hal ini sangat membantu Guru-Guru agar tidak terlalu diberatkan dengan administrasi yang tebal.

  3. Memiliki Kemampuan Berdiskusi  Dengan Siswa dan Orangtua. Pada saat guru selesai mengelaborasikan materi, Guru selalu memberikan sesi tanya jawab kepada siswa (i), terkadang mereka memberikan pertanyaan yang tidak terduga bahkan sesuatu yang Guru belum ketahui, namun mereka telah mengetahuinya dari berbagai sumber di Google atau aplikasi lainnya. Hal seperti demikian kadang menjadi bahan diskusi yang tentunya membuat Guru harus berupaya agar jawaban yang diberikan tetap connect dengan pertanyaan siswa. Hal lainnya adalah Guru memiliki kemampuan berdiskusi dengan Orangtua siswa (i) agar kerja sama antara kedua belah pihak selalu baik yang tujuannya adalah agar siswa bisa dikoordinir baik oleh kedua belah pihak.

  4. Memiliki Jiwa Motivator. Ada masa dimana siswa kehilangan semangat untuk belajar, sebagai Guru yang baik yang mengetahui visi dan misi mengajar, tentunya Guru harus mampu membuat siswa (i) tetap semangat mengikuti pembelajaran agar tidak ketinggalan materi. Walau memiliki jiwa motivator yang  terbentuk secara alamiah, Guru tetap berusaha dengan berbagai cara agar siswa tetap termotivasi untuk belajar. Hal ini tidak mudah, tetapi Guru akan selalu berupaya semaksimal mungkin.

Demikianlah rahasia guru yang perlu diketahui, semoga hal ini bermanfaat.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *