Media Pembelajaran Quality Standard Video

Sumber Gambar : pixabay.com

Menggunakan media dalam pembelajaran adalah salah satu strategi untuk menarik minta siswa (i).

Hal ini penting, karena siswa (i) memiliki karakteristik dan latar belakang yang berbeda, namun jika mwnggunakan media yang familiar dengan mereka, maka hal ini tentu akan menyenagkan mereka.

Ada beberapa media pembelajaran, satu diantaranya adalah video atau quality standard video.

Video adalah bagian dari teknologi, dimana teknologi sudah menjadi bagian dari kebutuhan manusia, termasuk menjadi sahabat bagi siswa (i).

Memanfaatkan sesuatu yang diminati atau sesuatu yang disenangi oleh siswa (i) adalah hal yang tepat dimana program Merdeka belajar yang berkiblat dari konsep pembelajaran KI Hadjar Dewantara harus menyenangkan.

Audio-visual telah menawarkan berbagai menu pilihan dan fungsi yang dapat memfasilitasi kebutuhan guru maupun kebutuhan siswa (i).

Khususnya untuk pembelajaran bahasa Inggris, audio-video adalah media yang sudah menjadi seperti prilaku belajar siswa (i).

Mereka kerab berinteraksi menggunakan perangkat teknologi seperti laptop, komputer dan smartphone (android), sehingga media ini menjadi bagian pembelajaran yang mereka lakukan di kelas dan juga di luar kelas, khususnya selama mereka belajar dari rumah.

Pengembangan model  pembelajaran bahasa Inggris dengan media quality standard video :

  1. Proses Pembelajaran. Pada proses pembelajar, media adalah alat yang dapat menyajikan pesan instruksional dari guru kepada siswa (i) yang memungkinkan kegiatan proses belajar mengajar menjadi hidup.
  2. Mendukung Karakteristik Pembelajaran. Abad 21 menuntut karakteristik siswa (i) yang memiliki keterampilan belajar dan inovasi yang berhubungan dengan berfikir kritis. Dengan menggunakan audio visual sebagai media pembelajaran akan mengerakkan akal siswa untuk berfikir kritis sehingga mereka mampu membuat sesuatu atau menghasulkan ide yang kreatif.
  3. Memecahkan Masalah Pembelajaran. Memecahkan masalah pembelajaran merupakan suatu pengajaran kepada siswa (i) tentang  bagaimana memecahkan suatu persoalan. Dengan kata lain, memecahkan masalah berpusat pada isi atau konten mata pelajaran. Terkadang siswa mengalami kesulitan menangkap makna

Dengan merancang penggunaan quality standard video, diharapkan :

  1. Guru membuat desain materi dengan menggunakan video durasi minimal 3 menit
  2. Guru menggunakan video yang telah dibuat sebagai media pembelajaran
  3. Guru melakukan assessment berdasarkan  video yang telah dibuat
  4. Guru menggunakan video yang telah dibuat sebagai acuan pencapaian hasil belajar siswa.
  5. Siswa membuat video sebagai produk output hasil belajar, lalu mempresentasikannya.

Dengan menggunakan quality standard video sebagai media pembelajaran audio visual akan banyak membantu guru untuk memfasilitasi kegiatan belajar siswa dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan.

Jika hal ini terwujud maka hasil belajar siswa (i) akan meningkat sehingga capaian pembelajaran menjadi lebih baik.

Baca Juga :

Jangan lupa kunjungi Del Channel Ok untuk melihat penjelasan materi bahasa Inggris