Mengapa Tak Minat Belajar Bahasa Inggris?

Sumber Gambar : pixabay.com

Tra ada kamus, kalau ada kamus, kamusnya juga besar dan berat, ribet dibawa kesana – kemari, berat apaaaa“,

Sa malu, nanti bunyinya kumur”,

“Belajar bahasa Inggris itu susah, bikin lidah selalu keseleo”,

Adoh, sa orang kampung tra usah sudah belajar Bahasa Inggris, tra ada guna juga mo“,

“Pengucapannya susah, macam banyak huruf s “,

“Belajar bahasa Inggris bikin mulut capek”,

“Saya tra ada rencana menikah dengan bule atau tinggal di luar negeri, jadi stop sudah suruh sa belajar bahasa Inggris”,.

Itulah beberapa alasan dari sekian banyak alasan mengapa siswa (i) bahkan masyarakat umum tidak tertarik belajar bahasa Inggris.

Sepertinya banyak orang masih terikat akan pemikiran bahwa belajar bahasa asing atau bahasa baru terasa susah.

Masalahnya anak kecil yang baru belajar berbicara saja akan terasa sulit mengucapkan dan menghafal bahasa ibu (mother tongue), dalam hal ini bahasa Indonesia dan hal itu berlangsung selama bertahun-tahun, tidak instant, apalagi bahasa Inggris, pasti susah.

Paradigma bahwa sesuatu yang baru akan sulit diketahui, sulit dipelajari akan terus ada dibenak semua orang jika tidak ada usaha dan pergerakkan.

Pergerakan yang dimaksud disini adalah tidak ada tindakan untuk memulainya dari hal-hal yang sederhana, seperti mendengarkan lagu barat, melihat liriknya dan mengucapkannya.

Sebenarnya, banyak siswa (i) bahkan masyarat umum tanpa sengaja sudah mulai belajar bahasa Inggris, namun kurang menyadarinya karena rasa insecure atau tidak percaya akan kemampuan yang dimiliki.

Baiklah, sebelum memulai belajar bahasa asing (Bahasa Inggris) sebaiknya hilangkan :

1. Rasa Malu. Jika kalian sedang menghadap alat tulis, tulislah dengan huruf besar kata “shy” lalu coretlah kata tersebut. Artinya adalah  pada saat hendak belajar bahasa asing, hilangkanlah rasa malu, baik malu karena tidak tau maupun malu karena melakukan kesalahan.

2. Rasa Takut. Takut karena salah, takut karena tidak bisa?, hilangkanlah rasa itu, hehehe. Tak apa. Jika hanya gugup karena tampil di depan kelas tuk praktek  speaking, yah mungkin bisalah sekali-kali, tapi kalau takut, aduh…kapan bisanya. Selalu percaya diri yah. Cobalah perhatikan oranglain yang baru belajar, pasti mereka juga melakukan kesalahan kok

Pada saat belajar hal baru, semua  orang akan melakukan kesalahan yang sebenarnya hal itu lumrah, jika tidak melakukan kesalahan berarti ada keanehan.

Yang benar adalah pada saat belajar, setiap orang berusaha meminimalisir kesalahan yang berarti anda sedang berupaya untuk tau dan ingin menguasainya.

Memang tidak mudah merubah sifat setiap individu yang memiliki rasa malu dan rasa takut. Nah, berikut solusinya:

  1. Gunakan Berbagai Aplikasi. Zaman semakin modern, teknologi semakin maju, aplikasi semakin mempermudah, khususnya belajar bahasa Inggris secara otodidak atau swasiswa. Cukup memilih salah satu  aplikasi belajar bahasa Inggris di salah satu browser, lalu unduh dan pelajari setiap saat buka smartphone atau laptop. Praktekkan setiap saat hingga anda merasa mampu, dan atau kursus online. Kegiatan ini banyak diminati orang, karena tidak harus dilakukan di luar rumah.
  2. Melalui Lagu. Lagu dan musik tidak hanya untuk menghibur pendengar saja, namun lagu  dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Caranya adalah dengarkan lagu barat (berbahasa Inggris) sambil melihat liriknya dan ikuti pengucapannya, setelah beberapa kali dilakukan, dengarkan kembali lagunya dan tulis liriknya.
  3. Rutin Mengulanginya. Siapkan jadwal khusus belajar bahasa Inggris setiap hari, minimal 25 menit, agar tidak terputus.

Baca juga :

  1. Herd Stupidity Pada Siswa
  2. Kebiasaan Yang Membuat Siswa Malas Belajar.
  3. Asal Kerja Tugas, Selesai!