Akibat Jika Operator Jaringan Dan Perusahaan Listrik Tidak Bekerja Secara Maksimal

Sumber Gambar : pixabay.com

Ada berbagai macam operator jaringan yang cukup populer di Indonesia  yaitu Telkomsel, Smartfren, XL dan Indosat. Begitu pula dengan perusahaan listrik, yang cukup populer adalah perusahaan Listrik Negara dan swasta. Semuanya ini sangat membantu  masyarakat dalam beraktivitas, yang secara perlahan-lahan telah memajukan negara.

Hampir 6 bulan kita tidak bekerja senormal seperti tahun-tahun sebelumnya. Pekerjaan yang biasanya dilakukan dimanapun,  kapanpun dan dengan siapapun kini tinggal cerita usang yang tidak seorangpun tau kapan keadaan seperti itu bisa kembali lagi. Yang ada hanya kekwatiran, kecemasan bahkan ketakutan yang terus menghantui semua orang.

Keadaan ini berdampak serius di berbagai sektor, imbasnya dirasakan oleh semua kalangan termasuk anak-anak. Mereka tidak bisa bermain seperti selayaknya anak-anak, karena dibatasi oleh keadaan, begitu pula dengan Guru dan siswa (i) yang sudah sangat rindu dengan kegiatan di sekolah.

Dalam keadaan seperti ini, Para pekerja, Para orangtua, dan  siswa (i) masih bisa sedikit bernafas lega dengan fasilitas teknologi yang ada. mulai dari Smartphone yang menyediakan berbagai macam aplikasi yang bisa digunakan sebagai hiburan, sekaligus bisa digunakan sebagai media belajar.

Tak bisa terbayangkan,  jika hidup seperti para generasi tradisionalis dulu yang hanya menggunakan alat seadanya sebagai hiburan dan mainan,  lalu diaplikasikan sebagai hiburan  di masa sekarang ini pasti akan asing bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan atau memainkannya. Seperti yang kita ketahui bahwa hiburan dan permainan dulu, telah tergeser dengan perkembangan teknologi.

Peran Kelistrikan dan Operator jaringan sangat dibutuhkan oleh Negara sebagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Jika keduanya ini tidak beroperasi baik, maka akibat yang akan muncul adalah:

  1. Dunia Pendidikan Akan Kelabakan. Belajar dan mengajar dari rumah telah dilakukan selama Covid-19 masuk ke Indonesia. Setelah itu disusul dengan bekerja dari rumah oleh para pegawai lainnya. Jika kedua fasilitas ini tidak beroperasi sebagai mestinya, dipastikan proses belajar dan mengajar dari rumah akan mandek. Segala usaha Guru, orangtua siswa (i) dan siswa akan tidak optimal yang akibatnya akan sangat merugikan semua pihak.
  2. Administrasi Pemerintahan Akan Runyam. Jika terjadi ganguan jaringan atau pemadaman listrik akan menganggu kinerja Pemerintah dalam mengolah administrasi negara. Akibatnya proses kerja dalam menjalankan kewajiban akan mengalami keterlambatan, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan sulit terlaksana dengan baik.
  3. Banyak Orang Akan Stress . Bukan rahasia umum lagi jika hiburan satu-satunya yang paling digemari saat ini adalah segala sesuatu yang bersumber dari teknologi, dimana teknologi didukung oleh listrik dan ada juga disokong oleh jaringan. Bisa dibayangkan para orangtua yang selama ini menghandalkan teknologi dan tiba-tiba on and off karena pelayanan listrik dan jaringan tidak memadai, maka bisa dipastikan kepanikan yang berlebihan akan terjadi, dan jika sulit mengontrolnya akan menimbulkan stress, begitu pula dengan para pekerja lain yang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Hal ini akan menjadi beban yang bisa menimbulkan mereka banyak berfikir dan cemas yang akibatnya bisa fatal.

Oleh karena itu, dengan adanya Teknologi dan didukung dengan jaringan dan listrik yang baik,  maka keadaan sesuram apapun akan sedikit terobati walau Covid-19 belum sepenuhnya bisa dihilangkan dari bumi ini.

Ada sanksi hingga hukuman bagi pengolah perusahaan seperti PLN dan Operator jaringan jika tidak bekerja dengan baik. Tindakan tersebut bisa dituntut karena tidak bekerja secara profesional yang menimbulkan keresahan terhadap masyarakat.