Yuk, Belajar Menulis Atau Ngak Mau Punya Karya?

Sumber Gambar : pixabay.com

Orang terkenal karena karya. Karya yang bisa didengarkan melalu audio atau dibaca oleh orang lain secara langsung.

Karya yang tak akan hilang oleh waktu yang terkadang tidak dihiraukan oleh orang lain, namun booming pada waktu-waktu tertentu.

Karya yang terkadang dirindukan oleh sang pemiliknya, dan terkadang memunculkan rasa bangga atas usaha dan kerja keras.

Karya yang terkadang memberikan manfaat bagi orang lain.

Apa yang bisa dilakukan agar hal-hal diatas bisa terwujud?

Salah satu hal yang paling tepat dilakukan adalah dengan menulis.

Menulis sesuatu yang dilihat, didengar, dirasakan, difikirkan, adalah hal yang sebenarnya sudah sering dilakukan oleh kebanyakan penikmat medsos atau media sosial.

Masalahnya mengekspresikan perasaan, fikiran, keinginan melalui berbagai akun media sosial sudah sangat populer dilakukan.

Namun, sayangnya tidak terfikirkan oleh kebanyakan orang untuk menulisnya menjadi sebuah buku yang bisa disimpan selamanya.

Bukan lagi zamannya menulis panjang lebar apapun di akun media sosial, termasuk yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang untuk menjadikannya sebagai media curhat.

Sekarang, waktunya mengalihkannya menjadi sebuah buku atau menulis artikel yang secara tidak langsung dapat menghasilkan.

Yap, terkadang pemula mengatakan “saya tak punya ide”, “saya  tak tau harus mulai dari mana”, “saya tidak suka menulis”.

Kalau dikatakan “tidak suka menulis” sebenarnya kurang tepat, aslinya adalah saya malas, karena tidak pernah membiasakan diri untuk menulis.

Apakah akan selamanya demikian?, tentu tidak, semua orang ingin mengalami perubahan yang berarti dalam hidupnya, lalu kapan memulainya?

Sekarang adalah waktunya, berhenti untuk mengatakan “nanti saja”. Yuk mulai dengan cara berikut ini:

  1. Lawan Rasa Malas. Segala sesuatu yang diawali dengan niat nol besar maupun nol kecil pasti tidak akan berhasil. Dengan arti seseorang hanya memiliki harapan besar namun rotor atau tekat untuk bergerak untuk memulai sesuatu tidak ada maka tak akan ada yang jadi.
  2. Yakin Pasti Bisa. Seumpama seorang anak bermimpi ingin mengapai cita-citanya dengan tekat yang kuat dan mengawalinya dengan hal kecil, begitu juga dengan sebuah pencapaian. Jika berniat ingin menulis walau tidak terbiasa membuat tulisan yang menarik, namun memiliki keyakinan pasti bisa, tentu akan bisa.
  3. Mulailah Menulis. Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar bisa menulis, salah satunya adalah mulailah menulis satu paragraf atau menulis puisi. Tak perlu fikirkan tulisan atau puisi yang telah dibuat menarik atau tidak, namun mulailah  menulis sesuatu yang difikirkan saat hendak menulis.

Apalah gunanya menjadi terkenal pada saat ini, namun akan terlupakan oleh zaman, karena tak memiliki karya yang bisa dibaca oleh orang lain.

Seorang ulama besar Imam Al- Ghazali mengatakan “Kalau kau bukan anak raja, dan kau bukan anak seorang ulama besar, maka jadilah penulis”.

Maksudnya, salah satu karya yang membuat seseorang terkenal sepanjang zaman selain karya lukisan adalah tulisan, dalam hal ini adalah buku.

Yuk menulis, lebih baik memiliki karya nyata supaya ada pegangan selamanya.

Baca Juga :

Jangan lupa kunjungi Del Channel Ok untuk melihat penjelasan materi bahasa Inggris